Rabu, 16 Desember 2015

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
SATUAN PENDIDIKAN : MI TANADA
KELAS/SEMESTER : IV B/I
MATERI : Membaca Kamus
Alokasi Waktu : 2x35 menit
STANDAR KOMPETENSI
  1. Memahami teks agak panjang (150-200 kata), petunjuk pemakaian, makna kata dalam kamus/ensiklopedi
KOMPETENSI DASAR
1.2 Menemukan makna dan informasi secara tepat dalam kamus/ensiklopedi melalui membaca memindai
INDIKATOR
      1. Menjelaskan makna kata-kata sulit dari kamus sesuai dengan alfabetis
      2. Membuat kalimat sesuai dengan makna kata-kata sulit
TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui metode Information Search (mencari informasi), siswa mampu menemukan makna kata-kata sulit dari kamus serta mampu membuat kalimat sesuai dengan makna kata-kata yang ditemukan dengan tepat dan benar
DESKRIPSI MATERI
Membaca Kamus
Kamus adalah buku rujukan yang menerangkan makna kata-kata yang berfungsi untuk membantu seseorang mengenal perkataan baru.
Langkah –langkah dalam membaca kamus bahasa Indonesia
  • Pilihlah kamus bahasa Indonesia yang lengkap
  • Carilah kata-kata sulit sesuai dengan alfabetis
  • Pilih makna yang tepat dan benar

KEGIATAN PEMBELAJARAN
Waktu
Kegiatan
Metode/Strategi
Media
5 Menit
Kegiatan Pendahuluan yang meliputi :
- Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
  • Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa (absensi).
  • Guru memberikan pertanyaan menantang
  • Pernakah anak-anak membaca kamus bahasa Indonesia?
  • Menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran.

Information Search (mencari informasi)



Kamus bahasa Indonesia
Spidol.
Papan tulis,
60 Menit
Kegiatan Inti meliputi:
Eksplorasi
  • Guru memperlihatkan kamus bahasa Indonesia
  • Siswa diminta untuk membuka kamus yang telah dibawa
  • Guru menjelaskan cara membaca kamus yang tepat
Elaborasi
  • Siswa diminta untuk mengerjakan lembar kerja yang ada dalam LKS
  • Siswa mencari informasi jawabannya melalui kamus bahasa Indonesia atau buku paket yang telah dibawanya
  • Siswa mengumpulkan hasil kerjanya untuk dijadikan penilaian portofolio
Konfirmasi
  • Guru memberikan penguatan tentang materi yang telah di jelaskan.
  • Refleksi.


5 Menit
Kegiatan Penutup yang meliputi :
  • Bersama guru peserta didik menyimpulkan materi yang mereka dapatkan pada hari ini.
  • Guru memberikan pekerjaan rumah kepada peserta didik.
  • Guru mengajak peserta didik untuk berdoa bersama-sama.
  • Salam.



SUMBER BELAJAR
  • Paket Bahasa Indonesia 4” bse ”.
  • LKS Bahasa Indonesia
PENILAIAN
Jenis Penilaian : Tes tulis
Bentuk penilaian tes : Tugas portofolio. (lampiran 2)

Sidoarjo, 10 Agustus 2015
Mengetahui
kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran


(Aly Mahsul, S.A.g) (Shobibatur Rohmah)


Kisi-kisi Butir Soal
No.
Indikator Kompetensi
Indikator Butir Soal
Teknik Penilaian
Bentuk penilaian
1.
Menjelaskan makna kata-kata sulit dari kamus sesuai dengan alfabetis

Mampu menjelaskan makna kata-kata sulit dari kamus sesuai dengan alfabetis

Tes
Uraian No.1 (a-e)
2.
Membuat kalimat sesuai dengan makna kata-kata sulit


Mampu Membuat kalimat sesuai dengan makna kata-kata sulit


Tes
Uraian No.2 (a-e)


Pedoman penskoran
Skor perolehan
Nilai = x 100
Skor Maksimal

Lampiran 2
Tugas portofolio
  1. Carilah kata-kata dibawah ini di dalam kamus bahasa Indonesia
  1. Polisi
  2. Tentara
  3. Observasi
  4. Vitamin
  5. Gizi
  1. Buatlah kalimat menurut kata-kata diatas!
  1. .......................................
  2. .......................................
  3. ......................................
  4. .......................................
  5. .....................................



Tidak ada komentar:

Posting Komentar