Rabu, 16 Desember 2015

kumpulan rpp ppl:)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
SATUAN PENDIDIKAN : MI TANADA
KELAS/SEMESTER : IV B/I
MATERI : Kegiatan Menyenangkan
Alokasi Waktu : 2x35 menit

STANDAR KOMPETENSI
  1. Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah dan simbol daerah/lambang korps.

KOMPETENSI DASAR
1.2 membuat gambar/ denah berdasarkan penjelasan yang didengar
INDIKATOR
      1. Membuat gambar/denah kelas berdasarkan penjelasan
      2. Memberikan keterangan gambar/ denah kelas yang telah dibuat
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mendengarkan dan memperhatikan gambar/denah yang telah ditulis dipapan tulis, peserta didik mampu membuat gambar denah serta mampu memberikan keterangan mengenai gambar/ denah yang telah dibuat dengan tepat dan benar.
DESKRIPSI MATERI
Lampiran 1

Waktu
Kegiatan
Metode/Strategi
Media
5 Menit
Kegiatan Pendahuluan yang meliputi :
- Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
  • Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa (absensi).
  • Guru memberikan pertanyaan menantang
  • Apakah anak-anak pernah melihat denah kelas?
  • Menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran.


Cooperative learning, tanya jawab



gambar.
Spidol.
Papan tulis, Kapur tulis.
60 Menit
Kegiatan Inti yang meliputi :
Eksplorasi
  • guru memperlihatkan gambar/ denah kelas
  • guru memberikan penjelasan mengenai gambar/ denah
  • Peserta didik diminta untuk mendengarkan petunjuk atau informasi mengenai gambar/ denah kelas
  • Peserta didik diminta unuk memahami gambar atau denah denagan seksama.
Elaborasi
  • Guru mengarahkan siswa untuk membentuk kelompok 2 bangku
  • Siswa berkumpul dengan kelompoknya masing-masing
  • Guru memberikan lembar kerja yang akan dikerjakan
  • Siswa mengerjakan tugas kelompok yang diberikan oleh guru.
  • Bersama guru, perwakilan dari setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya
  • Siswa mengumpulkan hasil diskusinya sebagai tugas portofolio
  • Siswa kembali duduk seperti semula.
Konfirmasi
  • Guru memberikan penguatan tentang materi yang telah di jelaskan.
  • Refleksi.





5 Menit
Kegiatan Penutup yang meliputi :
  • Bersama guru peserta didik menyimpulkan materi yang mereka dapatkan pada hari ini.
  • Guru memberikan pekerjaan rumah kepada peserta didik.
  • Guru mengajak peserta didik untuk berdoa bersama-sama.
  • Salam.










SUMBER BELAJAR
  • Paket Bahasa Indonesia 4” bse ”.
  • LKS Bahasa Indonesia
PENILAIAN
Jenis Penilaian : Tes tulis
Bentuk penilaian tes : Tugas portofolio. (lampiran 2)
Jenis Penilaian : Non Tes
Bentuk Penilaian : Penilaian sikap saat diskusi

Sidoarjo, 3 Agustus 2015
Mengetahui
kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran


(Aly Mahsul, S.A.g) (Shobibatur Rohmah)














Lampiran 1
Kegiatan Menyenangkan
  1. Mari Membuat Denah
Denah merupakan petunjuk, sedangkan menurut istilah denah adalah gambar yang menunjukkan letak suatu tempat, kota atau jalan. Jika denah dijelaskan secara lisan, diperlukan keterampilan mendengarkan yang baik. Hal ini sama keika kita mendengarkan petunjuk dari sumber lain, seperti brosur.
Pada saat penjelasan denah diperdengarkan, kamu harus memperhatikan petunjuk atau informasi didalamnya. Agar mudah dipahami, kamu dapat menggambarkan tempat yang kamu maksud.
Contoh gambar denah kelas IV SDN Sukamaju:

Denah Kelas IV SDN Sukamaju












KETERANGAN :
A-M : Bangku siswa
: pintu masuk
: papan tulis
Kisi-kisi Butir Soal
No.
Indikator Kompetensi
Indikator Butir Soal
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen Penilaian
1.
Membuat gambar/denah kelas berdasarkan penjelasan


Mampu Membuat gambar/denah kelas berdasarkan penjelasan


Tes Tugas kelompok
2.
Memberikan keterangan gambar/ denah kelas yang telah dibuat


Mampu Memberikan keterangan gambar/ denah kelas yang telah dibuat


Tes Tugas kelompok
































Lampiran 2
Diskusi!

  1. Gambarlah denah ruang kelasmu!
  2. Berikan keterangan mengenai gambar denah kelasmu!

*setiap nomor mendapat skor 50*































Rubrik penilaian saat Diskusi
Nama siswa
Aspek yang Dinilai

Kerjasama
Keaktifan
Tanggung jawab
Keterangan

1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3













































































































































































































































Kriteria Penilaian
Kriteria
Bagus
Cukup
Kurang
Skor
3
2
1
Kerjasama Berperan aktif dalam diskusi Cukup berperan aktif dalam diskusi Kurang berperan aktif dalam diskusi
Keaktifan Aktif dalam mengemukakan ide/gagasan/ pendapat Cukup aktif dalam mengemukakan ide/gagasan/ pendapat Kurang aktif dalam mengemukakan ide/gagasan/ pendapat
Tanggung jawab Bertanggung jawab terhadap tugas kelompok yang telah diberikan guru. Cukup bertanggung jawab terhadap tugas kelompok yang telah diberikan guru. Kurang bertanggung jawab terhadap tugas kelompok yang telah diberikan guru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar