RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MATA
PELAJARAN : Bahasa Indonesia
SATUAN
PENDIDIKAN : MI TANADA
KELAS/SEMESTER :
IV B/I
MATERI :
Kegiatan Menyenangkan
Alokasi
Waktu : 2x35 menit
STANDAR
KOMPETENSI
- Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah dan simbol daerah/lambang korps.
KOMPETENSI
DASAR
1.2
membuat gambar/ denah berdasarkan penjelasan yang didengar
INDIKATOR
- Membuat gambar/denah kelas berdasarkan penjelasan
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah
mendengarkan dan memperhatikan gambar/denah yang telah ditulis
dipapan tulis, peserta didik mampu membuat gambar denah serta mampu
memberikan keterangan mengenai gambar/ denah yang telah dibuat dengan
tepat dan benar.
DESKRIPSI
MATERI
Lampiran
1
Waktu
|
Kegiatan
|
Metode/Strategi
|
Media
|
5
Menit
|
Kegiatan
Pendahuluan yang meliputi :
- Guru
memberikan salam dan mengajak berdoa.
|
Cooperative
learning, tanya jawab
|
gambar.
Spidol.
Papan tulis,
Kapur tulis. |
60
Menit
|
Kegiatan
Inti yang meliputi :
Eksplorasi
Elaborasi
Konfirmasi
|
||
5
Menit
|
Kegiatan
Penutup yang meliputi :
|
SUMBER
BELAJAR
- Paket Bahasa Indonesia 4” bse ”.
- LKS Bahasa Indonesia
PENILAIAN
Jenis
Penilaian : Tes tulis
Bentuk
penilaian tes : Tugas portofolio. (lampiran 2)
Jenis
Penilaian : Non Tes
Bentuk
Penilaian : Penilaian sikap saat diskusi
Sidoarjo,
3 Agustus 2015
Mengetahui
kepala
Sekolah Guru Mata Pelajaran
(Aly
Mahsul, S.A.g) (Shobibatur
Rohmah)
Lampiran 1
Kegiatan
Menyenangkan
- Mari Membuat Denah
Denah merupakan
petunjuk, sedangkan menurut istilah denah adalah gambar yang
menunjukkan letak suatu tempat, kota atau jalan. Jika denah
dijelaskan secara lisan, diperlukan keterampilan mendengarkan yang
baik. Hal ini sama keika kita mendengarkan petunjuk dari sumber lain,
seperti brosur.
Pada saat penjelasan
denah diperdengarkan, kamu harus memperhatikan petunjuk atau
informasi didalamnya. Agar mudah dipahami, kamu dapat menggambarkan
tempat yang kamu maksud.
Contoh gambar
denah kelas IV SDN Sukamaju:
Denah Kelas IV SDN
Sukamaju
KETERANGAN :
A-M : Bangku siswa
:
pintu masuk
:
papan tulis
Kisi-kisi
Butir Soal
No. |
Indikator
Kompetensi
|
Indikator
Butir Soal
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen Penilaian
|
1. |
Membuat
gambar/denah kelas berdasarkan penjelasan
|
Mampu
Membuat
gambar/denah kelas berdasarkan penjelasan
|
Tes | Tugas kelompok |
2. |
Memberikan
keterangan gambar/ denah kelas yang telah dibuat
|
Mampu
Memberikan
keterangan gambar/ denah kelas yang telah dibuat
|
Tes | Tugas kelompok |
Lampiran
2
Diskusi!
- Gambarlah denah ruang kelasmu!
- Berikan keterangan mengenai gambar denah kelasmu!
*setiap
nomor mendapat skor 50*
Rubrik penilaian saat Diskusi
Nama siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
|||||||||||||||
Kerjasama
|
Keaktifan
|
Tanggung jawab
|
Keterangan
|
|||||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
|||||
Kriteria
Penilaian
Kriteria
|
Bagus
|
Cukup
|
Kurang
|
|
Skor
|
||||
3
|
2
|
1
|
||
Kerjasama | Berperan aktif dalam diskusi | Cukup berperan aktif dalam diskusi | Kurang berperan aktif dalam diskusi | |
Keaktifan | Aktif dalam mengemukakan ide/gagasan/ pendapat | Cukup aktif dalam mengemukakan ide/gagasan/ pendapat | Kurang aktif dalam mengemukakan ide/gagasan/ pendapat | |
Tanggung jawab | Bertanggung jawab terhadap tugas kelompok yang telah diberikan guru. | Cukup bertanggung jawab terhadap tugas kelompok yang telah diberikan guru. | Kurang bertanggung jawab terhadap tugas kelompok yang telah diberikan guru. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar