Rabu, 16 Desember 2015

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

MATA PELAJARAN : Ilmu Pengetahuan Alam
SATUAN PENDIDIKAN : MI TANADA
KELAS/SEMESTER : IV B/I
MATERI : Alat Indra Manusia
Alokasi Waktu : 2x35 menit
STANDAR KOMPETENSI
  1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya

KOMPETENSI DASAR
1.2 mendeskripsikan hubungan antara struktur pancaindera dengan fungsinya
INDIKATOR
      1. Menjelaskan bagian-bagian telinga dan fungsinya
      2. Menjelaskan cara kerja alat indera (telinga)
      3. Menjelaskan kelainan pada telinga
      4. Menjelaskan cara memelihara kesehatan telinga
TUJUAN PEMBELAJARAN
melalui penjelasan guru, siswa mampu menjelaskan cara kerja alat indra telinga, kelainan pada telinga serta cara memelihara kesehatan telinga dengan tepat dan benar
DESKRIPSI MATERI
Lampiran 1
KEGITAN PEMBELAJARAN
Waktu
Kegiatan
Metode/Strategi
Media
  1. Menit
Kegiatan Pendahuluan yang meliputi :
  • Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
  • Membaca surat-surat pendek
  • Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa (absensi).
  • Guru memberikan pertanyaan menantang
  • Apa yang terjadi, jika telinga kita tidak pernah dibersihkan?
  • Menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran.

Pembelajaran langsung

Spidol.
Papan tulis,
  1. menit
Kegiatan Inti yang meliputi :
  • guru memberikan penjelasan materi
  • Peserta didik diminta unuk membaca buku paket yang telah dibawa.
  • Peserta didik diminta untuk mendengarkan penjelasan materi
  • Peserta didik diminta untuk mengerjakan LKS
  • Guru mengajak speserta didik untuk Tanya jawab. Untuk mengecek kefahaman peserta didik
  • Guru memberikan penguatan materi
  • Refleksi


  1. menit
Kegiatan penutup meliputi :
  • Bersama guru peserta didik menyimpulkan materi yang mereka dapatkan pada hari ini.
  • Guru memberikan pekerjaan rumah kepada peserta didik.
  • Guru mengajak peserta didik untuk berdoa bersama-sama
  • Salam.



SUMBER BELAJAR
  • Paket IPA 4” bse ”.
  • LKS IPA
PENILAIAN
Jenis Penilaian : Tes
Bentuk Penilaian : Buku LKS siswa



Sidoarjo, 15 Agustus 2015
Mengetahui
kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran


(Aly Mahsul, S.A.g) (Shobibatur Rohmah)












Lampiran 1
Indra Pendengar (Telinga)
Telinga merupakan indra untuk mendengar. Telinga kita hanya mampu mendengarkan suara yang befrekuensi antara 20-20.000 getaran per detik.
  1. Bagian telinga dan fungsinya
Telinga terdiri atas tiga bagian yaitu: telinga bagian luar, telinga bagian tengah dan telinga bagian dalam. Telinga bagian luar terdiri atas daun telinga, lubang telinga, dan gendang telinga. Telinga bagian tengah terdiri atas tulang martil, tulang landasan dan tulang sanggurdi. Telinga bagian dalam terdiri atas tingkap jorong, bundar, tiga saluran setengah lingkaran, serta rumah siput (koklea).
  1. Cara kerja telinga
suaramasuk telingamelalui udaragendang telingaberupa getaranditeruskan tulang-tulang pendengar bagian dalamujung sarafdibawa ke otaksehingga kita dapat mendengar.
  1. Kelainan pada telinga
Kelainan pada telinga antara lain:
  • Tuli adalah ketidakmampuan telinga untuk mendengarkan bunyi atau suara. Disebabakan oleh adanya kerusakan gendang telinga.
  • Congek adalah penyakit telinga yang biasanya disebabkan oleh infeksi pada bagian telinga yang tersembunyi ditengah-tengah.
  1. Memelihara kesehatan telinga
Cara memelihara kesehatan telinga antara lain:
  • Membersihkan telinga secara teratur
  • Tidak mendengarkan suara yang terlalu keras
  • Tidak memasukkan benda ke lubang telinga.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar