RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MATA
PELAJARAN : Bahasa Indonesia
SATUAN
PENDIDIKAN : MI TANADA
KELAS/SEMESTER :
IV B/I
MATERI :
Penggunaan
suatu alat
Alokasi
Waktu : 2x35 menit
STANDAR
KOMPETENSI
- Mendeskripsikan secara lisan tempat sesuai denah dan petunjuk penggunaan suatu alat
KOMPETENSI
DASAR
- Menjelaskan petunjuk penggunaan suatu alat dengan bahasa yang baik dan benar
INDIKATOR
- Membuat gambar suatu alat atau benda
- Menjelaskan fungsi suatu alat
- Menjelaskan petunjuk penggunaan alat sesuai dengan gambar
TUJUAN
PEMBELAJARAN
- Setelah memperhatikan gambar, siswa mampu membuat gambar dan menjelaskan fungsi suatu alat dengan tepat dan benar
- Setelah mendengarkan penjelasan guru siswa mampu menjelaskan petunjuk penggunaan alat sesuai dengan gambar dengan jelas, tepat dan benar.
DISKRIPSI
MATERI
Lampiran
1
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Waktu
|
Kegiatan
|
Metode/Strategi
|
Media
|
5
Menit
|
Kegiatan
Pendahuluan yang meliputi :
|
Cooperative
Learning
|
Gambar
alat (kipas angina, televise, telpon)
Spidol.
Papan
tulis,
|
60
Menit
|
Kegiatan
Inti yang meliputi :
Eksplorasi
Elaborasi
Konfirmasi
|
|
|
|
Kegiatan
Penutup yang meliputi :
|
|
|
SUMBER
BELAJAR
- Paket Bahasa Indonesia 4” bse ”.
- LKS Bahasa Indonesia
PENILAIAN
Jenis
Penilaian : Non Tes
Bentuk
Penilaian : Penilaian produk
Sidoarjo,
12 Agustus 2015
Mengetahui
kepala
Sekolah Guru Mata Pelajaran
(Aly
Mahsul, S.A.g) (Shobibatur
Rohmah)
Rubrik
penilaian produk
Nama
siswa
|
Aspek
yang Dinilai
|
|||||||||||||||
|
Kerapian
|
Ketepatan
jawaban
|
Tanggung
jawab
|
Keterangan
|
||||||||||||
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kriteria
Penilaian
Kriteria
|
Bagus
|
Cukup
|
Kurang
|
|
Skor
|
||||
3
|
2
|
1
|
||
Kerapian
|
Gambar
Sangat tersusun rapi
|
Gambar
Cukup tersusun rapi
|
Gambar
Kurang tersusun rapi.
|
|
Ketepatan
jawaban
|
Sangat
tepat dalam membuat prosedur penggunaan alat atau benda
|
Cukup
tepat dalam membuat prosedur penggunaan alat atau benda
|
Kurang
tepatmembuat prosedur penggunaan alat atau benda
|
|
Tanggung
jawab
|
Bertanggung
jawab terhadap tugas kelompok yang telah diberikan guru.
|
Cukup
bertanggung jawab terhadap tugas kelompok yang telah diberikan
guru.
|
Kurang
bertanggung jawab terhadap tugas kelompok yang telah diberikan
guru.
|
Lembar
kegiatan siswa
1.1
prosedur petujuk penggunaan alat atau benda
- Apa fungsi gambar diatas?
- Jelaskan petujuk penggunaan telpon yang benar!
- Gambarlah kreasi telpon sehingga menjadi gambar yang menarik!
Lampiran
1
Petunjuk
penggunaan Suatu Alat
Jika
ingin menggunakan suatu alat kita harus memperhatikan petunjuk
penggunaannya secara baik dan benar. Dengan tujuan agar barang atau
benda yang kita gunakan tetap terjaga dan tidak mudah rusak.
Perhatikan contoh dibawah ini:
Cara
penggunaan kipas angina yang baik dan benar:
- Pastikan peletakkan kipas angin pada tempat yang benar
- Tancapkan atau colokkan kabel kipas angin pada listrik
- Gunakan kipas angin sesuai dengan kebutuhan
- Pastikan kipas angin tidak dipakai dalam jangka waktu yang sangat lama, agar mesin kipas angin tidak terlalu panas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar