Rabu, 16 Desember 2015

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
SATUAN PENDIDIKAN : MI TANADA
KELAS/SEMESTER : IV B/I
MATERI : Penggunaan suatu alat
Alokasi Waktu : 2x35 menit
STANDAR KOMPETENSI
  1. Mendeskripsikan secara lisan tempat sesuai denah dan petunjuk penggunaan suatu alat
KOMPETENSI DASAR
    1. Menjelaskan petunjuk penggunaan suatu alat dengan bahasa yang baik dan benar
INDIKATOR
      1. Membuat gambar suatu alat atau benda
      2. Menjelaskan fungsi suatu alat
      3. Menjelaskan petunjuk penggunaan alat sesuai dengan gambar
TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Setelah memperhatikan gambar, siswa mampu membuat gambar dan menjelaskan fungsi suatu alat dengan tepat dan benar
  2. Setelah mendengarkan penjelasan guru siswa mampu menjelaskan petunjuk penggunaan alat sesuai dengan gambar dengan jelas, tepat dan benar.
DISKRIPSI MATERI
Lampiran 1
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Waktu
Kegiatan
Metode/Strategi
Media
5 Menit
Kegiatan Pendahuluan yang meliputi :
  • Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
  • Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa (absensi).
  • Guru memberikan pertanyaan menantang
  • Bolehkah ketika menancapkan kabel kipas angin tangan dalam keadaan basah
  • Menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran.

Cooperative Learning



Gambar alat (kipas angina, televise, telpon)
Spidol.
Papan tulis,
60 Menit
Kegiatan Inti yang meliputi :
Eksplorasi
  • Guru memperlihatkan gambar salah satu alat (kipas angin)
  • Guru memberikan penjelasan mengenai gambar salah satu alat (kipas angin)
  • siswa diminta untuk mendengarkan petunjuk atau informasi mengenai gambar salah satu alat (kipas angin) Peserta didik diminta unuk memahami gambar salah satu alat (kipas angin).
Elaborasi
  • Guru mengarahkan siswa untuk membentuk kelompok 2 bangku
  • Siswa berkumpul dengan kelompoknya masing-masing
  • Guru memberikan lembar kerja yang akan dikerjakan
  • Siswa mengerjakan tugas kelompok yang diberikan oleh guru.
  • Bersama guru, perwakilan dari setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya
  • Siswa mengumpulkan hasil diskusinya
  • Siswa kembali duduk seperti semula.
Konfirmasi
  • Guru memberikan- penguatan tentang materi yang telah di jelaskan.
  • Refleksi.



  1. Menit
Kegiatan Penutup yang meliputi :
  • Bersama guru peserta didik menyimpulkan materi yang mereka dapatkan pada hari ini.
  • Guru memberikan pekerjaan rumah kepada peserta didik.
  • Guru mengajak peserta didik untuk berdoa bersama-sama.
  • Salam.



SUMBER BELAJAR
  • Paket Bahasa Indonesia 4” bse ”.
  • LKS Bahasa Indonesia
PENILAIAN
Jenis Penilaian : Non Tes
Bentuk Penilaian : Penilaian produk

Sidoarjo, 12 Agustus 2015
Mengetahui
kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran


(Aly Mahsul, S.A.g) (Shobibatur Rohmah)













Rubrik penilaian produk
Nama siswa
Aspek yang Dinilai

Kerapian
Ketepatan jawaban
Tanggung jawab
Keterangan

1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3






















































































































Kriteria Penilaian
Kriteria
Bagus
Cukup
Kurang
Skor
3
2
1
Kerapian
Gambar Sangat tersusun rapi
Gambar Cukup tersusun rapi
Gambar Kurang tersusun rapi.
Ketepatan jawaban
Sangat tepat dalam membuat prosedur penggunaan alat atau benda
Cukup tepat dalam membuat prosedur penggunaan alat atau benda
Kurang tepatmembuat prosedur penggunaan alat atau benda
Tanggung jawab
Bertanggung jawab terhadap tugas kelompok yang telah diberikan guru.
Cukup bertanggung jawab terhadap tugas kelompok yang telah diberikan guru.
Kurang bertanggung jawab terhadap tugas kelompok yang telah diberikan guru.








Lembar kegiatan siswa
1.1 prosedur petujuk penggunaan alat atau benda
  1. Apa fungsi gambar diatas?
  2. Jelaskan petujuk penggunaan telpon yang benar!
  3. Gambarlah kreasi telpon sehingga menjadi gambar yang menarik!

Lampiran 1
Petunjuk penggunaan Suatu Alat
Jika ingin menggunakan suatu alat kita harus memperhatikan petunjuk penggunaannya secara baik dan benar. Dengan tujuan agar barang atau benda yang kita gunakan tetap terjaga dan tidak mudah rusak. Perhatikan contoh dibawah ini:
Cara penggunaan kipas angina yang baik dan benar:

  1. Pastikan peletakkan kipas angin pada tempat yang benar
  2. Tancapkan atau colokkan kabel kipas angin pada listrik
  3. Gunakan kipas angin sesuai dengan kebutuhan
  4. Pastikan kipas angin tidak dipakai dalam jangka waktu yang sangat lama, agar mesin kipas angin tidak terlalu panas. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar